Minggu, 24 September 2017

Kota Singosari

Peta Kecamatan Singosari
(https://goo.gl/maps/s2cn6nbuvSp)
Kota Singosari merupakan salah satu dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Luas Kota Singosari 114 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2016 sebanyak 174.445 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 1.534 jiwa per km2.

Kota Singosari meliputi 14 desa dan tiga kelurahan (Losari, Pagentan dan Candirenggo), dengan luas setiap desa/kelurahan berkisar antara 1,19 km2 (Losari) sampai 31,58 km2 (Toyomarto), dengan peringkat lima desa paling luas berturut-turut Toyomarto, Klampok, Gunungreco, Dengkol dan Wonorejo.

Pada pertengahan tahun 2016, jumlah penduduk setiap desa/kelurahan berkisar antara 5.180 jiwa (Losari) sampai 16.853 jiwa (Pagentan), dengan peringkat desa/kelurahan paling banyak penduduknya berturut-turut Pagentan, Banjararum, Randuagung, Candirenggo dan Toyomarto.

Kepadatan penduduk setiap desa/kelurahan berkisar antara 403 jiwa per km2 (Toyomarto) sampai 9.209 jiwa per km2 (Pagentan), dengan peringkat lima desa/kelurahan paling padat penduduknya berturut-turut Pagentan, Watugede, Losari, Candirenggo dan Banjararum.

Topografi Kecamatan Singosari meliputi tiga kelurahan dan 11 desa datar dan tiga desa perbukitan (Toyomarto, Klampok dan Purwoasri). Adapun batas wilayah Kota Singosari meliputi sebelah utara dengan Kabupaten Pasuruan dan Kecamatan Lawang; sebelah timur dengan Kecamatan Lawang dan Kesamatan Jabung; sebalah selatan dengan Kecamatan Jabung, Kecamatan Pakis dan Kota Malang; serta sebelah barat dengan Kecamatan Karang Ploso.

Dua desa yang berbatasan dengan Kota Malang ialah Banjararum dan Tunjungtirto. Di Kecamatan Singosari terdapat Candi Singosari, tepatnya di Kelurahan Candirenggo. Candi tersebut dibangun mulai tahun 1300.

Sumber :
https://malangkab.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Kecamatan-Singosari-Dalam-Angka-2017.pdf
https://malangkab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/403
http://kpu.go.id/dmdocuments/3507_malang.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.