Minggu, 31 Desember 2017

Kota Cibingbin

Peta Kec  Cibingbin - Kab Kuningan
https://goo.gl/maps/ou5wgTcLvrB2
Penelusuran Kota Ke 902

Cibingbin merupakan salah satu dari 32 kecamatan yang berada di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Sebagaimana  dengan Kecamatan Cibeureum, Karang Kencana, Ciwaru, dan Cilebak yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah, wilayah Kecamatan Cibingbin berbatasan langsung dengan Kecamatan Banjarharjo dan Salem, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.


Luas Kecamatan Cibingbin 72,27 km2 meliputi sepuluh desa dengan kisaran luas wilayah setiap desa antara 1,25 km2 (Sindangjawa) sampai 15,54 km2 (Bantar Panjang). Lima desa dengan wilayah paling luas meliputi Bantar Panjang, Cipondok, Ciangir, Dukuh Badag dan Cibingbin. Adapun desa-desa yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah terdiri dari Bantar Panjang, Dukuh Badag, Citenjo, Cibingbin, Sukaharja, Cipondok dan Ciangir. Dengan demikian hanya tiga desa yang tidak berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Sindangjawa, Sukamaju dan Cisaat.

Peta Desa-desa Di Kecamatan Cibingbin
https://kuningankab.bps.go.id/
Pada tahun 2016 penduduk Kecamatan Cibingbin mencapai 42.230 jiwa, dengan luas wilayah 72,27 km2, maka kepadatan penduduknya mencapai 578 jiwa per km2. Sekitar 31,84 persen penduduk Kecamatan Cibingbin bermukim di Desa Cibingbin, selebihnya tersebar di sembilan desa lainnya.

Adapun kisaran jumlah penduduk setiap desa berkisar antara 1.278 jiwa (Cisaat) sampai 13.419 jiwa (Cibingbin); Lima desa berpenduduk paling banyak meliputi Cibingbin, Sindangjawa, Cipondok, Citenjo dan Ciangir. Sedangkan kepadatan penduduk setiap desa berkisar antara 157 jiwa per km2 (Bantar Panjang) sampai 3.212 jiwa per km2 (Sindangjawa), dengan lima desa paling padat penduduknya berturut-turut : Sindangjawa, Sukaharja, Cibingbin, Sukamaju dan Citenjo.

Terdapat fenomena yang menarik perihak sebaran penduduk, yaitu desa-desa yang berada di bagian utara (Bantar Panjang, Dukuh Badag dan Cisaat) dan di bagian selatan (Ciangir dan Cipondok) Kecamatan Cibingin tingkat kepadatan penduduknya relatif tidak padat (157 - 298 jiwa per km2); Sedangkan desa-desa yang berada di bagian tengah Kecamatan Cibingbin (Sukamaju, Sindangjawa, Sukaharja, Cibingin dan Citenjo) berpenduduk relatif padat (1.545 - 3.212 jiwa per km2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.