Sabtu, 09 Desember 2017

Kota Marisa

Kecamatan Marisa - Kabupaten Pohuwato
(https://goo.gl/maps/kCPAzMZEkc92 dan
https://pohuwatokab.bps.go.id)
Penelusuran Kota Ke 897

Penelusuran kota-kota Indonesia kali ini tiba di Provinsi Gorontalo, tepatnya di Kota Marisa yang menjadi ibukota Kabupaten Pohuwato. Sebagai catatan Provinsi Gorontalo meliputi satu kota otonom (Kota Gorontalo) dan lima kabupaten otonom (Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara, Pohuwato,  Boalemo, dan Bone Bolango).


Menurut situs Wikipedia sejak zaman kolonial Belanda, selain Kota Gorontalo, di Provinsi Gorontalo sudah terdapat kota-kota tua seperti Marisa, Suwawa, Limboto, Tapa, Tilamuta, Kwandang, Paguat, Papayato dan Atinggola.

Kita fokuskan lagi untuk menelusuri Kota Marisa. Jumlah penduduk Kota Marisa tahun 2016 sebanyak 20.017 jiwa (sudah berhak menyandang status kota kecil), dengan luas wilayah 28,27 km2, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 708 jiwa per km2. Jumlah penduduk Kabupaten Pohuwato tahun 2016 mencapai 140.858 jiwa; dengan demikian sekitar 14,21 persen penduduknya bermukin di Kota Marisa.

Kota Marisa dilalui jalan Trans Sulawesi yang ke arah timur menuju Gorontalo sampai Manado; dan ke arah barat menuju Kota Poso sampai Makassar.  Selain berada di daratan Sulawesi, wilayah Kota Marisa juga meliputi beberapa pulau yang ada di Teluk Tomini seperti Lito Lolahe (Pulau Lahe), Lito Pomoliadaa, Lito Puntu dan Lito Pomoliakiki.

Adapun batas wilayah Kota Marisa meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Buntulia; sebelah timur dengan Kecamatan Buntulia dan Paguat; sebelah selatan dengan Teluk Tomini; dan sebelah barat dengan Kecamatan Duhiadaa.

Sumber :
https://pohuwatokab.bps.go.id/websiteV2/pdf_publikasi/Kabupaten-Pohuwato-Dalam-Angka-2017.pdf
http://kpu.go.id/dmdocuments/7504_pahuwato.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Gorontalo





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.