Rabu, 07 Februari 2018

Kota Jatigede

Kecamatan Jatigede - Kab Sumedang
(https://goo.gl/maps/bBHQMGiDEdu)
Penelusuran Kota Ke 926

Nama Jatigede makin populer berkaitan dengan adanya pembangunan Waduk Jatigede, salah satu waduk yang terbesar di Indonesia. Perairan Waduk Jatigede berada di lima kecamatan yaitu Cisitu, Jatigede, Darmaraja, Wado dan Jatinunggal. Waduk Jatigede direncanakan akan menjadi salah satu destinasi wisata air bertaraf internasional, antara lain akan dilengkapi dengan infrastruktur berupa jalan lingkar yang terhubung dengan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisundawu).


Jatigede merupakan salah satu dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, dengan luas wilayah 94,55 km2 dan jumlah penduduk tahun 2016 sebanyak 23.131 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 245 jiwa per km2.

Kecamatan Jatigede meliputi 11 desa, dengan kisaran jumlah penduduk setiap desa antara 929 jiwa (Kadu) sampai 2.828 jiwa (Cirenggem). Lima desa yang paling banyak penduduknya berturut-turut : Ciranggem, Cipicung, Cisampih, Cijeungjing dan Karedok.

Kisaran luas setiap desa di Kecamatan  Jatigede antara 5,24 km2 (Cijeungjing) sampai 14,46 km2 (Karedok dan Jemah); Lima desa yang paling luas berturut-turut : Karedok, Jemah, Mekarsari, Ciranggem dan Cisampih.

Kepadatan penduduk setiap desa di Kecamatan Jatigede berkisar antara 103 jiwa per km2 (Jemah) sampai 436 jiwa per km2 (Cijeungjing); Lima desa paling padat penduduknya berturut-turut : Cijeungjing, Cipicung, Cintajaya, Cisampih dan Ciranggem.

Batas wilayah Kecamatan Jatigede meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Tomo; sebelah timur dengan Kabupaten Majalengka; sebelah selatan dengan Jatinunggal; dan sebelah barat dengan Kecamatan Wado, Darmaraja dan Cisitu.

Sumber :

https://sumedangkab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=YjUzZTUxMmE0MDg5NzY5YzU5MGE3MDBh&xzmn=aHR0cHM6Ly9zdW1lZGFuZ2thYi5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNy8wOS8yNS9iNTNlNTEyYTQwODk3NjljNTkwYTcwMGEva2VjYW1hdGFuLWphdGlnZWRlLWRhbGFtLWFuZ2thLTIwMTcuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAxOC0wMi0wOCAxMDo0MzoyNg%3D%3D

http://kpu.go.id/dmdocuments/3211_sumedang.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.